kembalikan google sebagai default search di mozilla firefox

sering kali untuk menghemat waktu, saya mengetikan key word pencarian pada tempat biasanya url di tulis

secara default mozilla (browser yg saya gunakan) akan mengunakan key word tersebut sebagai key word pencarian di google, jika hasilnya mutlak ia akan menampilkan langsung halaman prediksi google (misal kita ketik “bank toyip” maka akan muncul langsung halaman dari “http://banktoyip.co.id” ), namun jika hasilnya relatif berimbang maka ia akan menampilkan hasil pencarian di google.

namun terkadang jika kita menginstall suatu program tertentu, default pencarian bisa berubah menjadi bing.com atau ask.com ,  karena sudah terlanjur familiar dengan google jadi melihat hasil pencarian dari mesin pencari yang laen jadi agak aneh, bukan berarti hasil bing atau ask kurang baik dibanding google (walaupun secara pemakaian google masih teratas digunakan oleh banyak orang) namun lebih karena kebiasaan

maka harus dilakukan tindakan untuk mengembalikan kembali google sebagai default seach, namun di menu pilihan option tidak ada pilihan tersebut, karena emang perlu tune setting yang agak jelimet

caranya yaitu open “new tab”, kemudian ketik “about:config” pada url

akan muncul peringatan bahwa merubah setting tersebut akan berbahaya, klik ok saja,  PD terhadap diri anda sendiri :p

pada textbox filter ketik “keyword.URL”

maka akan muncul setting yang mengarahkan keyword URL, klik kanan dan pilih reset untuk merubahnya kembali ke google

jika langkah tersebut telah anda jalani , tutup tab tersebut, kemudian coba ketik keyword pada texbox URL, cek apakah berhasil atau tidak

28 thoughts on “kembalikan google sebagai default search di mozilla firefox

  1. zmaim

    mudah bngt koq…bgini aja…buka tab baru > plih tool di menu bar > properties > restore default > ato sobat bisa ketik secara manual misal “mozila firefox star page” ato misal http://www.yahoo.com ato apa aja yg mau sobat jadikan home page…..semoga bisa lbih membantu !!?? 😀

    Balas
  2. Pak Nas

    Ok sudah saya praktekkan, browser saya menjadi AVG, padahal saya ga pake dia karena lambat… pertamanya bandel dia ga mau hilang, kemudian beberapa kali dicoba berhasil… thx

    Balas
  3. novia

    funmood searchnya kog ga bisa ilang ya? padahal saya maunya pke google kyk dulu lagi, soalnya yg ini tuh agak gimana gitu..tolong dibantu ya, trims

    Balas
  4. ray suyaunas

    saya mengalami masalah semula menu tanyakan ab saya google sekarang berubah jadi ask .com yang ingin saya bagaimana cara mengembalikan ke menu google sebelumnya sekian dan terima kasih atas bantuannya

    Balas
    1. Enzo ILKOM UNDANA

      klik firefox kiri atas lalu klik “help” lalu pilih “troubleshooting information” setelah dia buka tab baru,,,lalu klik pada bagian atas kanan yang ada tulisan RESET,,,,selesai,,,,,,,,

      Balas

Tinggalkan komentar