tidak lagi mencoblos, namun menandai

mulai pemilu 2009 depan? kita tidak lagi mencobos, namun menandai pilihan kita, berikut ini adalah kutipan dari metroTV

Perbedaan cara pemungutan suara dalam Pemilu 2009 dengan pemilu sebelumnya, di antaranya adalah maskot pemilu. Pemilu 2009 dipastikan tampil dengan wajah berbeda. Budaya mencoblos yang dahulu dikenal masyarakat, kali ini direformasi KPU dengan budaya menandai pilihan. Untuk keperluan ini, KPU meninggalkan paku sebagai sarana memilih dan mengubahnya menjadi pena sebagai maskot Pemilu 2009.

Perubahan sarana pemberian suara ini ditempuh KPU dengan tujuan agar masyarakat ter-edukasi mencermati manfaat pena dalam kehidupan sehari-hari. Pena ditetapkan sebagai maskot Pemilu 2009 karena benda ini dianggap mampu untuk menyampaikan aspirasi dalam bentuk tulisan, sehingga maskot pena dianggap paling cocok untuk mem-visualisasikan hak rakyat dalam memilih wakil yang paling ia percaya untuk membangun bangsa.

Pena yang merupakan benda mati divisualisasikan agar tampil dalam bentuk yang hidup, sehingga sosok pena berwarna oranye dan abu-abu itu terlihat lebih manusiawi. Melalui visualisasi tersebut, pena terlihat mengajak masyarakat untuk secara bijaksana memilih wakil yang sesuai dengan aspirasinya.

ini merupakan trobosan bagi pemilihan umum, dimana biasanya kita memilih pilihan dengan cara mencoblos. mungkin KPU merubah itu karena imagenya mencoblos itu kurang bagus, kenapa…? masak kita memilih suatu calon (yang kita sukai) dengan cara melubangi fotonya?

😀

tapi nanti jangan heran ketika perhitungan suara pemilu ada foto SBY dengan oret2an kumis dan jengot dengan pena. lha emang ada media pena di bilik suaranya.

btw? kapan ya pemilu kita pakai komputer, jadi e-election. jadi milihnya tidak perlu coblos atau menandai… tapi di klik saja. masak sudah mengesahkan UU ITE koq belum berani mengimplementasikannya

🙂

One thought on “tidak lagi mencoblos, namun menandai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s