jump start membuat situs dengan joomla , bagian 1

Joomla adalah salah satu Content Management System yang banyak digunakan untuk pembuatan situs(website). namun yang perlu diperhatikan bahwa joomla adalah Content Manajement System. apa itu Content Management System? berikut ini adalah definisi Content Management System yang saya sarikan dari wikipedia.org

A Content Management System (CMS) is a software system used for content management. This includes computer files, image media, audio files, electronic documents and web content. The idea behind a CMS is to make these files available inter-office, as well as over the web. A Content Management System would most often be used as archival as well. Many companies use a CMS to store files in a non-proprietary form. Companies using a CMS file share with ease, as most systems use server based software, even further broadening file availability. As shown below, many Content Management Systems include a feature for Web Content, and some have a feature for a “workflow process.”

jadi, sebagai Content Management System tugas joomla adalah tentang mengorganisasikan isi dari halaman web anda. ini berarti anda harus memikirkan situs anda lebih kearah struktur dari isi daripada tampilan. karena dalam joomla tampilan dapat dirubah2 hanya dengan mengunakan theme dengan mengambahkan template.

berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah membuat sebuah situs (secara instan) mengunakan joomla.

pastikan dulu di komputer anda sudah terinstall dengan Apache sebagai web server, modul bahasa PHP, serta database MySQL (karena dengan perpaduan ketiga mesin inilah joomla bisa berjalan). jika komputer anda belum terinstall program tersebut saya sarankan anda mengunakan instalasi paket AMP(Apache MySQL PHP) sepeperti xampp.
namun jika anda ingin mengistall joomla di hostingan yang anda miliki, anda hanya cukup memastikan bahwa hosting yang anda pakai mendukung PHP dan memiliki MySQL sebagai databasenya.

download modul joomla dari joomla.org, kemudian eksaklah ke dalam direktori htdocs (bila anda mengunakan windows, biasanya di C:\Program Files\xampp\htdocs\ ) kemudian rubah nama folder hasil ekstraksi tersebut sesuai dengan keinginan anda . jika anda mengunakan jasa hosting anda perlu untuk mengupload file instalasi joomla tersebut ke hostingan anda.

setelah semua sudah dipersiapkan anda sudah bisa memulai proses instalasi joomla. buka browser ( IE, opera, atau firefox) kemudian panggil sesuai alamat web servernya. mis jika mengunakan komputer sendiri http://localhost/joomla/
perhatikan bahwa localhost adalah alamat komputer web server dan joomla adalah nama directori dimana file instalasi joomla beranda.

kemudian dihalaman web akan muncul halaman instalasi joomla
berikut langkah2 intalasinya :
1. halaman pre-installation check
halaman ini joomla memeriksa apakah spesifikasi dan setting sistem anda telah memenuhi kebutuhan minimal joomla, klik next >> untuk melanjutkan, jika ternyata anda belum bisa memasuki halaman selanjutnya anda harus memperbaiki setting sistem (biasanya hanya memperbolehkan file dalam folder instalasi joomla boleh di manipulasi (write, update, delete file).
2. Licence
basicnya anda hanya perlu untuk klik next saja (:p). oh iya joomla ini masuk kategori free software atau open source. free disini artinya bebas daripada gratis. untuk lebih jelasnya dibaca aja ya GNU/GPL Licencenya.
3. Step 1
halaman ini menkonfirmasi tentang setting database. anda diminta untuk memasukan hostname, MySQLuser dan password, nama database yang dipakai, serta tabel prefik.
tabel prefik ini akan berguna jika database yang digunakan ternyata tidak hanya digunakan oleh joomla saja, atau bahkan mungkin dipakai oleh banyak pengguna, prefik tersebut digunakan untuk membedakan kegunaan tabel tersebut.
biarkan settingan yang lain sesuai aslinya (Drop Existing Tables, Backup Old Tables, dan Install Sample Data)
akan muncul dialog konfirmasi , klik OK
4. Step 2
anda akan ditanyai nama dari situs yang sedang anda buat ini.
5. Step 3
konfirmasi URL dan yang paling penting password administrator dari situs joomla ini, untuk mempermudah ingatan, pastikan anda merubah “admin password” dengan password yang anda inginkan. jangal lupa untuk mengisi alamat email
anda.
6. Step 4
ini adalah langkah terakhir yang menyatakan joomla telah sukses diinstall. disini anda diberitahu nama username administrator (yaitu admin) dan passwordnya (sesuai dengan yang ada set di step
3)
langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menghapus folder “installation” pada file instalasi joomla.

jika semua langkah tersebut sudah anda lakukan..
joomla siap untuk dipakai
url situs anda adalah http://localhost/joomla
url administrasi situs joomla anda adalah http://localhost/joomla/administrator

(note:localhost adalah alamat web server anda, yang pada saat uji coba ini dilakukan di localhost )

7 thoughts on “jump start membuat situs dengan joomla , bagian 1

  1. Rizdan

    Tanya bos,aku kan sudah instal xampp yg ktny sbg servernya,dan di htdocs dah aku rubah nm foldernya.tp saat aku buka browser – kok halaman installasi kok gak tampak.ksih tau crnya dong ya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s