pinggin kuliah, daftar dimana ya? UMB atau SNMPTN

tahun ini mungkin adalah tahun yang membinggungkan bagi para lulusan SMU. hal itu dikarenakan oleh terpecahnya ujian masuk universitas negeri (dulu SPMB).

UMB ( Ujian Masuk Bersama)

diselenggarakan Perhimpunan SPMB Nusantara, ujian tulis masuk bersama untuk 5 Perguruan Tinggi Negeri diantaranya adalah

a. Universitas Indonesia
b. Universitas Negeri Jakarta
c. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
d. Universitas Sumatera Utara
e. Universitas Hasanuddin

walaupun universitas2 tersebut hanya tersebar di beberapa kota saja namun ujiannya diselengarakan di Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makasar dan tempat-tempat yang akan ditentukan kemudian.

informasi-informasi penting

Pembayaran biaya mengikuti ujian dilakukan pada semua Bank BNI, untuk wilayah dimulai tanggal 19 Mei dan 21 Mei berakhir 31 Mei 2008, pendaftaraan untuk wilayah lain dimulai tanggal 27 Mei berakhir 4 Juni 2008, hubungi panitia lokal UMB terdekat untuk informasi lebih lanjut.

Pengembalian formulir dilaksanakan pada kurun waktu 19 Mei dan 21 Mei s.d. 31 Juni 2007 (Untuk Wilayah Jakarta), 27 Mei 2008 s.d. 4 Juni 2008.

Ujian diselenggarakan secara serentak dan terpadu pada tanggal 7 – 8 Juni 2008

sumber http://spmblover.18.forumer.com/a/info-ujian-masuk-bersama-2008_post737.html

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

ujian ini menanungi banya universitas diantaranya

WILAYAH BARAT :
1. Universitas Syiah Kuala.
2. Universitas Malikussaleh.
3. Universitas Negeri Medan.
4. Universitas Sumatera Utara.
5. Universitas Negeri Padang.
6. Universitas Andalas.
7. Universitas Riau.
8. UIN Sultan Syarief Kasim Riau.
9. Universitas Jambi.
10. Universitas Sriwijaya.
11. Universitas Bengkulu.
12. Universitas Lampung.
13. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.
14. Insitut Pertanian Bogor.
15. Universitas Negeri Jakarta.
16. Universitas Indonesia.
17. UIN Syarief Hidayatullah Jakarta.
18. Universitas Pendidikan Indonesia.
19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
20. Institut Teknologi Bandung.
21. Universitas Padjadjaran.

WILAYAH TENGAH :
1. Universitas Jenderal Soedirman.
2. Universitas Negeri Semarang.
3. Universitas Diponegoro.
4. Universitas Sebelas Maret.
5. Universitas Negeri Yogyakarta.
6. Universitas Gadjah Mada.
7. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
8. Universitas Tanjung Pura.
9. Universitas Palangkaraya.
10. Universitas Lambung Mangkurat.
11. Universitas Mulawarman.

WILAYAH TIMUR :
1. Universitas Airlangga.
2. Universitas Negeri Surabaya.
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
4. IAIN Sunan Ampel Surabaya.
5. Universitas Brawijaya.
6. Universitas Negeri Malang.
7. UIN Malang.
8. Universitas Jember.
9. Universitas Trunojoyo.
10. Universitas Udayana.
11. Universitas Pendidikan Ganesha.
12. Universitas Mataram.
13. Universitas Nusa Cendana.
14. Universitas Negeri Makassar.
15. Universitas Hasanudin.
16. UIN Laudin Makassar.
17. Universitas Tadulako.
18. Universitas Haluoleo.
19. Universitas Negeri Manado.
20. Universitas Sam Ratulangi.
21. Universitas Negeri Gorontalo.
22. Universitas Pattimura.
23. Universitas Khairun.
24. Universitas Cenderawasih.
25. Universitas Papua.

informasi

Pembayaran biaya mengikuti ujian dilakukan pada semua Bank Mandiri, dimulai tanggal 16 Juni dan berakhir 27 Juni 2008, dapat diwakilkan dan harus dibayar tunai.

Pengembalian Formulir Pendaftaran dilaksanakan antara tanggal 16 Juni sampai dengan tanggal 28 Juni 2008 pada pukul 08.00 – 16.00.

Ujian diselenggarakan secara serentak dan terpadu pada tanggal 2 – 3 Juli 2008

sumber http://www.snmptn.ac.id/

Jalur Resmi Nasional Hanya SNMPTN

menurut berita dari kompas SNMPTN satu-satunya jalur resmi penerimaan mahasiswa baru, sedangkan UMB merupakan seleksi internal penerimaan mahasiswa 5 universitas tersebut diatas. walaupun lewat jalur UMB 5 universitas tersebut menjanjikan kursi regular.

semoga posting ini bisa memberikan pencerahan terutama bagi yang membutuhkan informasi ini

note : jika anda tertarik untuk mengikuti seleksi PMDK Unair, baca artike  daftar jurusan sistem informasi unair di pmdk unair yuk

17 thoughts on “pinggin kuliah, daftar dimana ya? UMB atau SNMPTN

  1. ocha

    owh gitcuuuuuuuuuuuuuuuuuu kenapa sich yg dicari itu duit muluuuuuu patesan donk indonesia bodoh cz disempal a duit

    Balas
  2. raflan

    UMB kiranya dihapuskan, karena kebersamaan dalam membangun pendidikan di NKRI tidak pernah sukses bila terkotak-kotak, dan pengalaman masa lalu seperti SKALU juga sudah dihapuskan, dan harapan kiranya pemerintah mencabut BHPTN sehingga dapat lebih tercentralisasi karena ini pembangunan manusiaawi (human investment) sehingga tidak terkesan anak orang miskin sepintar apapun takut masuk PTN karena biaya, kiranya pemerintah mempertimbangkannya lebih bijaksana

    Balas
  3. asep di upi

    mau gimana bangsa ini maju kalo uang yang dicari terus,dasar manusia otaknya gak jalan, saya kan pengen jadi penerus bangsa yang pintar! salam ah buat anggota ggk htm dan ketuanya jadi bajak laurt no 1!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    Balas
  4. aex

    bagai mana ya caranya dartar snmptn lewat bank mandiri

    indera: bisa lewat atm, cari menu pendaftaran SMNPTN, kemudian anda bisa tukarkan slip pembayaran tersebut dengan formulir di tempat pendaftaran SMNPTN, jika anda tidak mempunyai rekening di mandiri, anda bisa langsung ke loket (teller) bank mandiri, bilang sama satpamnya kalau anda ingin membayar SMNPTN, anda akan dibimbing untuk menulis di slip setoran ( kayak nabung biasa), dan tukarkan slip setoran tersebut di tempat pendaftaran.

    Balas
  5. tyas

    gilaaaa..sekarang biaya kuliah dasyat banget!!
    apa mereka ga liat orang yang kurang mampu pingin kuliah tapi biayanya mahal…pantas aja SDM INDONESIA tidak berkembang karena selalu dengan uang dan uang.

    Balas
  6. ciwo

    buat gw mahal atau engga bukan masalah karena gw orang kaya…..
    duit bisa dicari tapi moral tidak bisa di perbaiki,sulit mengembalikan macan asia yang sudah menjadi kucing kampung kaya negara indonesia tercinta.. makanya kuliah mahal,biayanya di pakai ngasih makan kucing-kucing kampung negara kita.

    Balas
  7. randi

    bagaimana prosedur mendaftar ulang mahasiswa baru uin sutan syarif kasim dan perincian biaya n tempat2nya .mohon bantuannya.kenapa mahsiswa baru yang diluar daerah dipersulit dengan sistem.thanx

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s