Wimax Versi Indonesia… seperti apa dan bagaimana

awalnya baca blog-blog, kemudian baca tulisannya cak alief disini
tentang seputar undang-undang baru kita tentang informasi dan transaksi elektronik, saya baru tahu ( he.. kuper ya? :p ) bahwa indonesia akan mengeluarkan produk Wimax Versi Indonesia, momentumnya bertepatan dengan hari kebangkitan nasional, wah kayaknya indonesia benar2 berbenah ya tahun ini, mulai dari pariwisata sampai teknologi.

tapi apa itu wimax versi indonesia, aku belom dong juga..😦

coba-coba cari info di mbah google dan ketemu berita yang membenarkan tentang proyek tersebut, salah satunya disitu dan disana. tapi masih belum tahu juga produknya nanti seperti apa? apakah pemerintah akan memasang hot-spot di titik-titik kota seluruh indonesia, ataukan mungkin bekerja sama dengan operator komunikasi untuk memasang hot-spot tersebut sehingga bisa tersebar di seluruh indonesia secara cepat, namun kalau gitu biaya yang ditanggung oleh konsumen jadi berat dong?

oh iya.. wimax menurut wikipedia adalah

 WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. WiMAX merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga membawa isu open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last smile’ broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise.RSF-0606094680

Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, Amerika, sedangkan standar keluaran ETSI meluas penggunaannya di daerah Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan secara global, maka diciptakanlah WiMAX. Kedua standar yang disatukan ini merupakan standar teknis yang memiliki spesifikasi yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewat media wireless atau BWA.

kita berdoa saja.. semoga wimax versi indonesia ini tidak dalam bentuk produk saja, namun berupa solusi dalam berinternet yang diindonesia ini dikenal minim bandwidth tapi mahal diongkos.

maju terus dunia Teknologi Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s