akhirnya datang juga…… hasil ITP-TOEFL

setelah 8 hari mencoba berkonsentrasi untuk belajar bahasa inggris untuk ujian ITP-TOEFL (baca ini), akhirnya hasilnya datang juga, memang hasilnya tidak bisa langsung diketahui seperti kalau tes ELPT karena koreksinya harus di jakarta, janjinya sih seminggu, namun mundur 1 hari kerja.

dan …dek…dek…dek….

hasilnya sebenarnya lumayan bagus juga sih.. namun masih sedikit mengecewakan…..

targetnya 580 tapi hanya dapat 547, masalahnya koq ya ndak genep gitu lho.. kurang 3 sudah 550 (termasuk angka psikologis – karena biasanya kalau universitas diluar negeri standartnya adalah nilai TOEFL 550 )

walaupun sebenarnya Tes ITP-TOEFL ini tidak boleh digunakan untuk melamar ke universitas, kalau untuk kepentingan itu disarankan untuk ambil tes TOEFL, dan daftarnya bisa lewat internet

setelah ambil tes ITP-TOEFL peserta mendapat score record, score record saya bisa dilihat dibawah ini

ITP TOEFL Score record

kemudian saya analisa untuk masing-masing scorenya, kebetulan kalau kita ikut tes ITP-TOEFL kita dapat buku panduannya. gambar dibawah ini adalah distribusi (dalam persentase) nilai ITP-TOELF orang-orang yang telah mengikuti tes ITP-TOEFL.

Sebaran Orang yang berTOEFL sekian

kalau score Listening saya adalah 64 maka menurut tabel diatas nilai saya diatas 94% orang.
score Structure & Written Expression saya adalah 47 hanya diatas 11% orang (hik..hik..hik..😦 )
score Reading saya adalah 53 cuma diatas 30% orang😦

dan nilai total saya adalah 547 dan hanya diatas 39 % orang yang telah mengambil tes ITP-TOEFL

kayaknya harus tetap belajar lagi nih……. terutama Structure & Written Expression yang selama ini jadi momok buatku

yang pasti hasil belajar selama 8 hari kemarin tidak sia-sia, karena kalau biasanya kalau aku kerjakan soal Structure & Written Expression itu aku nebak2 mana ya yg kira-kira cocok, sekarang kalau jawab punya alasan kenapa koq jawab itu, walaupun masih perlu banyak diasah lagi…….

3 thoughts on “akhirnya datang juga…… hasil ITP-TOEFL

  1. Putri

    salam kenal, mas indra
    kebetulan saya sedang mencari soal2 ITP TOEFL di internet trus ketemu blog mas indra ini, susah juga ya nyari soal-soalnya
    boleh kasih saran lebih rinci mas? sebagai yang sudah pernah mengikuti ITP TOEFL? apa aja yang harus di pelajari, dan di situs mana saya bisa mendownload soal2 ITP TOEFL nya?
    karena tanggal 8 juli 2008 nanti saya mau tes di jakarta,
    terima kasih mas, saya tunggu balasannya di e-mail saya
    ptchan_tiq@yahoo.com

    wassalam

    indra : salam kenal putri, kalau ITP itu sama dengan tes2 TOEFL paper base yang diadakan oleh banyak lembaga bahasa, bedanya adalah kalau ITP soalnya relatif baru jadi kemungkinan kita untuk mendapat soal yang sama dari bank bank soal yang kita peroleh di lembaga bahasa jadi sangat kecil sekali.

    jadi coba anda belajar mengerjakan soal2 dari buku TOEFL, kemudian koreksi kesalahan anda dengan belajar bab yang belum anda kuasai, jangan hanya menghapal jawaban yang benar, jadi anda ketika memjawab suatu soal, anda punya alasan mengapa anda memilih jawaban tersebut.

    semoga membantu

    Balas

Tinggalkan Balasan

