TOEFL Attack

minggu ini, saya bersama 27 teman-teman dosen dari 3 angkatan rekrutmen terakhir unair, cukup beruntung untuk diundang mengikuti TOEFL Prep di PINLABS Unair selama 8 hari.sebenarnya saya juga kurang mengerti mengapa saya terpilih dari ratusan dosen unair 3 rekrutmen terakhir, yang pasti acara kali ini adalah dalam rangka upaya unair untuk memperbanyak dosen dengan gelar minimal S2 luar negeri. terindikasi bahwa unair akan meniru langkah salah satu fakultasnya, fakultas farmasi unair yang mewajibkan dosen untuk melanjutkan studi ke luar negeri atau dipindah tugaskan jadi pegawai struktural bukan dosen (entah apakah ini memungkinkan secara peraturan ya?), dan hal itu bukanlah hal yang bisa dinegosiasikan. kalau ditilik lebih jauh, langkah ini mestinya sudah ditempuh unair jauh hari karena untuk mewujudkan visi unair menjadi universitas berstandar internasional, mestinya pengajarnya juga berstandar internasional, namun bagi dosen keder juga dapat ancaman seperti itu.

hal yang pertama dilakukan sebelum “kursus TOEFL” adalah pre tes, semacam tes toefl , tapi kalau di pinlabs namanya adalah ELPT (karena sekarang memang sudah tidak boleh mengunakan nama TOEFL untuk yg TOEFL2an itu). hasilnya cukup mengecewakan buatku, skorku cuma 483… hik2😦 padahal sekitar 6 bulan yang lalu saya ikut tes sejenis di ITS dan dapat skor 543.. jauh kan..😦. ternyata sistem penilaian ELPT memang lain dengan nilai toefl (walaupun ELPT bisa dikatakan prediksi toefl ) kalau nilai maksimal TOEFL adalah 680, nilai maksimal ELPT adalah 600 (jadi kalau nilai ELPTku di convert ke TOEFL-like jadi 547.4 ( 680/600 * 483 – ndak jelek2 amat kan.. he.. pembelaan diri :p )

disana diajari trik dan tips untuk mengerjakan TOEFL supaya dapat nilai maksimal. mereka punya metode Item Analysis Based System. sebelum saya jelaskan tetang metode ini.. saya jelaskan dulu komponen yg ada di toefl

TOEFL yang paper base mempunyai 3 komponen utama yaitu
– Listening
– Grammar
– Reading

Listening dibagi jadi 3 bagian, bagian short conversation. bagian ini akan diperdengarkan percakapan-percakapan singkat anatar 2 orang, kunci utamanya adalah orang terakhir yg berbicara, karena biasanya pertanyaannya seputar apa yg diutarakan oleh orang terakhir. bagian kedua longer conversation, dan ketiga adalah talks and lecture. percakapan disini jauh lebih panjang dan kadang2 besifat teknikal jadi mungkin agak njilmet. kuncinya adalah relaks dan jangan menghapalkan secarak tekstual, hanya mengerti garis besarnya saja. ada yang menyarankan untuk membaca pilihan jawabannya dulu (waktunya curi2, pas soalnya lagi baca direction atau ketika sebelum pertanyaan selanjutnya diajukan – tapi kan harus selesai dahulu, namun kalau saya hal itu saya lakukan tambah mengurangi konsentrasi saya.. jadi saya ndak cocok ama tips (atau triks ya? ) yang satu ini. oh iya..untuk memperbaiki skor listeningn ini.. banyak2 lihat pilm yang teksnya dalam bahasa inggris, bukan indonesia, kemudian tonton lagi tapi tanpa teks, fasilitas ini biasanya baru ada kalau kita lihat film dari DVD atau dari file komputer.

Grammar ini yang beribet, karena yg harus dipelajari banyak. namun jika dirunut lebih jauh, grammar ini adalah dasar dalam berbahasa inggris, dari listening, reading, writing. grammar ini secara garis besar bisa dibagi 2, memory(60%) dan concept(40%). contoh soal memory adalah kalau ..either…or… kalau ..neither..nor…, atau despite… atau in spite of.. jadi kalau ada soal despite of… pasti salah. kalau yg concept itu harus benar2 ngerti aturan2 bahasa inggris

reading ini yang kadang2 bikin jenuh.. karena banyak kalimat yang harus di baca… trik dalam mengerjakan soal ini adalah JANGAN MEMBACA BACANNYA DAHULU, TAPI PERTANYAANYA DULU. terus jangan kerjakan soal yang sifatnya harus membaca dahulu semua, pilih yang sifatnya reference,vocab, atau detail ( membaca sebagian – pakai metode scan, jangan dibaca semua dulu). untuk mengerjakan soal yang main ide dan dikerjakan pada akhir2, biasanya secara umum sudah ketangkap maksud bacaannya, jika masih belum mengerti, baca 1 kalimat disetiap paragrapnya (karena umumnya bacaan di soal TOEFL bersifat deduktif, jadi pokok bacaanya ada di awal paragraf) kemudian disimpulkan

udah dulu ya, nanti kita sambung dilain kesempatan…
waktunya pulang dan belajatr buat persiapan ujian TOEFL institusional besok rabu
soalnya grammarku masih kacau nih… malu, paling jelek dikelas😦

doakan ya TOEFLku bisa bagus sekali.. mencapai 580 lah minimal

amin

19 thoughts on “TOEFL Attack

  1. internationallanguagecenter

    Salam hangat,

    Sungguh turut prihatin melihat score TOEFL (PBT) anda yang hanya mencapai 483. Tapi sesungguhnya ada sesuatu yang lebih memprihatinkan dari opini yang anda tulis mengenai TOEFL.
    1. ELPT bukanlah TOEFL, bahkan sama sekali tidak mirip dengan TOEFL yang sebenarnya.Score TOEFL (PBT)tertinggi adalah 677 bukan 680 dengan skala 300 -677, CBT-TOEFL: 0-300 sedangkan iBT TOEFL: 0-120.


    setuju, memang bukan TOEFL, tapi lebih ke TOEFL Prediction, makanya saya sebutkan ELPT, bukan TOEFL.
    sekaligus revisi, nilai TOEFL yang paper base itu penilaiannya adalah listening 68, grammar 68, dan reading 67 jadi nilai max TOEFL adalah 68+68+67/3 * 100, dan nilai minimalnya adalah 310

    2. Materi Test TOEFL yang sebenarnya adalah:
    a. PBT (ITP-TOEFL): Listening, Structure, Reading
    b. CBT (Computer Based Test): Listening, Structure, Reading
    c. iBT (internet Based Test): Reading, Listening, Speaking, Writing.
    3. Materi Listening test terbagi 3 (tiga):
    a. Short Dialogues
    b. Long Conversation
    c. Long Talks
    4. Materi structure TOEFL Test sebenarnya memiliki banyak paduan skill, bukan hanya memory atau concept. Skill tersebut diantaranya: sentences with one clause, sentences with multiple clauses, sentences with reduced clauses, written expression question, dan masih banyak lagi.


    skill berbahasa memang sanggat diperlukan saat mengikuti tes toefl, pengelompokan kedua itu bukan berarti metiadakan kemampuan berbahasa inggris, namun lebih ke kemudahan dalam pemahaman. anda tidak bisa memungkiri bahwa dalam bahasa inggris memang ada rumus, seperti jika ada Gerund di awal kalimat maka dianggap sebagai singgular, jika kalimat itu menetapkan plural, pasti menetepan itu salah. itu yang saya maksud sebagai memory. karena memang ada rumusnya, kita cuma butuh menghapal saja. dan hal seperti ini sangatlah banyak dalam bahasa inggris. tapi konsep tetap ada, beberapa topik dalam bahasa inggris tidak ada formulanya secara ajek, jadi pemahaman tetaplah perlu.

    5. Paragraph pada Reading TOEFL test tidak melulu bersifat deduktif. Berikut adalah adalah beberapa skill yang digunakan dalam materi reading test:
    Main ideas questions, stated detail questions, find “unstated” details,vocabulary in context questions, inserting information, dan masih banyak lagi.

    yang ini saya setuji, makanya saya menyarankan untuk soal-soal yg main ide dikerjakan belakangan saja, setelah soal-soal yang bermodel refernce atau vocab, karena secara tidak langsung kita akan membaca ide dari bacaan tersebut

    Semoga anda bisa mencapai score 580 di UNAIR. Tetapi apabila anda menginginkan pencapaian TOEFL score yang lebih tinggi dengan standar materi yang berkualitas dan sesuai dengan standar TOEFL test yang sebenarnya, anda bisa mengunjungi ***.

    Anda bisa buktikan sendiri materi-materi dan strategi-strategi yang diberikan oleh *** sangat berbeda dan lebih efektif untuk mendorong kemampuan siswa hingga mencapai target score yang diinginkan.

    Anda bisa kunjungi blog *** dan mengetahui berbagai informasi tentang International Test Program dan program-program lain yang ada di ***.


    he… ;D
    ternyata ujung-ujungnya iklan
    tak kirain ikhlas dan tulus membagi-bagi ilmu
    ternyata ya….
    iklan juga

    Selamat belajar!

    selamat belajar juga

    Balas
  2. yanuar

    saya tertarik dengan tulisan anda..semoga tulisan anda bermanfaat bagi pembaca..
    saya berterima kasih sekali karena saya mendapatkan sebuah wawasan baru tentang toefl,saya akan mencoba tios/trik2 yang telah anda berikan..
    salam hangat iskandar yanuartha

    Balas
  3. rina

    makasi atas tulisannya. tulisan anda bagus, ada baiknya anda juga memberikan beberapa tips yang anda ketahui tentang test toefl seperti jebakannya gitulah………..saya yakin itu akan sangat bermanfat bagi orang-oarng awam yang seperti saya ini .

    Balas
  4. heni

    kalo dilihat dari gaya tulisanmu, pasti orangnya keren. Lebih keren lagi kalo pak Indra mau mengirimi sy file2 toefl.Soalnya sy juga mau tes S2 di UI.
    Terima kasih tipsnya, berguna banget loh. Apalagi kalo tips yang disampaikan lebih banyak & mendalam pasti lebih berguna banget tuh.

    Balas
  5. kezia dian

    saya salah satu mahasiswa fisip unair yang sudah mengikuti kelas training elpt di pinlabs selama libur semester 1 kemarin, terus terang saya mengikuti training ini karena merasa nilai saya sangat kurang,,

    pendek kata setelah post test kemarin nilai saya berangsur angsur naik menjadi 500…
    memang tidak gampang karena hasil yang maksimal berasal dari kemauan diri sendiri untuk giat belajar ….

    teman saya pernah mengatakan ” kalo cuma mengejar sertifikat, buat apa susah susah belajar di pinlabs ” memang score elpt di pinlabs berbeda dengan test di luar dengan kata lain kita akan lebih susah mendapatkan score 450 di pinlabs dari pada di college lain. saya mengansumsikan bahwa sertifikat memang perlu tetapi mutu dan kualitas sangat jauh lebih penting.

    saya sudah mempunyai buku 2 dari pinlabs yang super tebal dan besar,,, tetapi alngkah senangnya jika anda bersedia mengirimkan pengalaman 2 anda melalui email saya ….

    Balas
  6. Tatas Wicaksono

    hiyah, googling kesana kemari ternyata nyangkut ke blognya pak indra lagi..
    yawda deh, makasih inponya pak, sip2.. besok siap tes ah, meskipun blon belajar, lagi gak enak badan euy..πŸ˜€

    makasih..πŸ™‚

    Balas
  7. gb

    bisa dijelaskan mba apa itu metode Item Analysis Based System. adakah artikel mba yg mengulas tentang metode tersebut ! tk sebelumnya

    Balas
  8. Bolo Kampus

    Terkait tes di PINLAB kebanggaan kita heheheheee… pengalaman Pak Indra sudah menjawab rasa penasaran sy. Semula sy pikir pasti ini karena PINLAB-nya pindah gedung, barangkali sesajennya kurang atau ketika pindah kurang mempertimbangkan weton alias “hari baik” heheheee… ternyata ada beda dibalik fakta hehehehee… makasih bunyakkk ya Pak..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s