SecurityException was unhandled ketika debug aplikasi .NET di network drive

beberapa hari ini saya sempat bingung dengan kelakuan Visual Studio.NET 2005, hal itu terjadi karena ketika menjalankan aplikasi .net yang mengakses database yang kebetulan solutionnya berada di hardisk server (network jaringan), .NET mengeluarkan sebuah pesan error

“System.Security.SecurityException was unhandled”

Message=”Request for the permission of type ‘System.Data.OleDb.OleDbPermission, System.Data, Version=2.0.0.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=b77a5c561934e089’ failed.”

awalnya saya berasumsi bahwa ini dikarenakan databasenya, yang kebetulan mengunakan microsoft access terdapat di network drive, karena faktanya sebelumnya ketika solution (berisi dengan form standar dan standar pemrograman) bisa berjalan dengan baik walaupun disimpan di network drive. namun saya baru sadar ternyata yang tidak boleh itu adalah solution yang ditaruh network drive dan menjalankan .NET assembly semisal akses data tadi….

memang benar sih, menempatkan solution di jaringan akan sangat rawan dalam hal keamanana dan kenyamanan, misalnya ada bekerja dalam sebuah tim dan mengerjakan sebuah project/solution, maka akan muncul masalah ketika semua anggota tim membuka project yang sama di satu jaringan. jika anda bekerja dalam tim, saya menyarankan anda mengunakan software subversion untuk manajemen solution anda, sehingga setiap anggota tim mempunyai copyan projectnya di hardisk local mereka masing-masing dan ketika ingin meny-singkronasi dengan anggota tim yang lain tidak perlu melakukannya secara manual karen software subversion akan melakukannya untuk anda dan minim konflik

namun masalah yang saya hadapi disini karena suatu hal tidak memungkinkan untuk mengunakan subversion, untuk itu perlu dilakukan perubahan konfigurasi untuk pada .NET framework. pada Administrative tool di control panel pilih “Microsoft .NET Framework 2.0 Configuration” kemudian pilih “Runtime Security Policy” dan pilih “Adjust Zone Security”.

dotNETconfiguration

kemudian muncul dialog baru yang menanyakan scope perubahan yang ingin dilakuakn, untuk semua user(1 komputer) atau untuk user anda sendiri. kemudian muncul dialog “Adjust the security level for each zone”, pilih “Local intranet” dan set “Full trust”kemudian klik “Next” dan “Finish”

SecurityAdjustmentWizard

aplikasi anda siap dijalankan

🙂

tetapi saya tetap menyarankan untuk mengunakan subversion, lebih nyaman dan lebih aman

happy coding

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s