perlukan nuklir di indonesia

didunia ini, tenaga nuklir menyuplai kurang lebih 17 % energi listrik, bahkan di perancis energi listrik 75% diproduksi mengunakan tenaga nuklir, sedangkan di amerika tenaga nuklir menyuplai 15 % energi listrik. saat ini lebih dari 400 reaktor nuklir ada di dunia dan lebih dari 100 berada di amerika.

unanium merupakan bahan utama dari tenaga nuklir, uranium sendiri merupakan bahan yang ada di bumi, uranium terbentuk dari bintang yang meledak sehingga debu dari ledakan tersebut terkumpul dan membentuk planet kita.

yang cukup menjadi perhatian terhadap nuklir selain betapa besar energi yang bisa dimanfaatkan, juga tentang radiasi yang ditimbulkan, dan yang paling sering disebutkan adalah ketika reaktor nuklir di Chenobyl Rusia mengalami kecelakan dan menyebabkan lepasnya bahan radioaktif sampai ke atmosfer.

masalah pro dan kontra pun muncul di indonesia seiring dengan rencana pemerintah membangun reaktor nuklir di semenanjung muria, jepara, jawa tengah, walaupun tujuan dari pembangunan reaktor nuklir ini untuk penyediaan energi yang semakin hari semakin sedikit, namun para penduduk lokal khususnya sangat menolak rencana ini karena mereka takut terkena dampak radiasi nuklir tersebut. bahkan MUI jepara mengeluarkan fatwa bahwa nuklir adalah haram, namun disini terjadi kontradiksi karena MUI pusat juga mengelurakan fatwa tentang nuklir yang dibilang halal. namun mereka tidak berani menanulir keputusan MUI jepara karena fatwa tersebut masih tergantung kondisi dan situasi, maksudnya halal selama tidak merugikan masyarakat.

sebenarnya kenapa ada penolakan-penolakan terhadap teknologi nuklir, ada beberapa sebab

  1. takutnya radiasi nuklir
  2. belum percaya penuh dengan kemampuan SDM indonesia untuk mengelola Nuklir

mungkin pemerintah harus memikirkan altenatif lokasi reaktor nuklir baru yang jauh dari pemukiman penduduk, misalnya di hutan atau bahkan laut jika memungkinkan, dan juga mengunakan ahli2 dari negara yang telah lama berkecimpung di dunia nuklir sehingga rasa percaya masyarakat bisa terangkat.

One thought on “perlukan nuklir di indonesia

  1. benbego

    Itu yang ditakuti pemerintah. maunya ada tapi ragu. belum lagi klo ada protes dari warga. sekali lagi dibutuhkan kepastian apakah indonesia bener2 sanggup?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s