Lagu indonesia raya perlu dirubah lagi…?

beberapa hari yang lalu, roy suryo bikin heboh lagi, ia menclaim telah menemukan rekaman video klip lagu kebangsaan indonesia raya, walapun sebenarnya ia bukan yang pertama kali yang menemukan bahwa teks asli indonesia raya bukanlah yang seperti kita nyanyikan sekarang ini, namun ia mampu menbungkus sebuah berita menjadi heboh. mungkin karena itulah ia disebut selebritis telematika, yang penting gebrakannya euy!

namun, apakah dengan itu lagu indonesia raya yang biasa kita nyayikan secara otomatis akan berganti, kayaknya tidak. pemerintah bersikukuh bahwa lagu yang dinyanyikan sekarang sudah mempunyai dasar hukum yang jelas, lewat keputusan presiden soekarno, sehingga kayaknya usaha roy suryo mengungkapkan teks lagu indonesia raya hanya akan jadi catatan sejarah indonesia.

sebenarnya dalam sejarahnya memang lagu indonesia raya mempunyai banyak versi, ini disebabkan karena tekanan politik baik dari jepang maupun dari belanda, dan juga diungkapkan di kongres pemuda bahwa lagu indonesia raya boleh dinyayikan dengan 1 stanza dengan perulangan 3 kali atau 3 stanza dengan stanza terakhir diulang 2 kali, namun kayaknya pemerintah soekarno memakai pilihan pertama dalam keputusan presidennya tentang lagu kebangsaan negeri ini.

dulu, saya pernah berpikir, ketika mendengar lagu kebangsaan singapura (or malaysia ya?) , disana terdapat teks yang memacu rakyatnya untuk maju (majulah…majulah). sedangkan kalau lagu kebangsaan indonesia dalam teksnya hanya memacu rakyaknya untuk merdeka (indonesia raya.. merdeka..merdeka). atau mungkin karena secara psikologis dari anak2 kita memang ditanamkan (hanya) untuk terbebas dari kemerdekaan ya? sehingga bangsa kita tidak bisa maju pesat seperti singapura/malaysia…

mungkin ada hikmahnya juga lho, penemuan(?) roy suryo ini, saatnya kita merubah lagu indonesia raya kita.. sehingga bangsa indonesia bisa maju, tidak hanya merdeka
kita tunggu gebrakan pemerintahan Susilo Banbang Yudhoyono

merdeka… ups salah.. maju…..

2 thoughts on “Lagu indonesia raya perlu dirubah lagi…?

  1. Hardian

    Kami sebagai bangsa indonesia merasa terinjak-injak oleh malaysia karena lagu kebangsaan kita “INDONESIA RAYA” telah dilecehkan.
    Mari bersama-sama kita membela negara kita INDONESIA.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s